Taput, Sumut, Fokus24.id-Proyek jalan Hotmix Pancurbatu-Lobu Haminjon, Kecamatan Adian Koting, Kabupaten Taput, standard dan kualitas pekerjaan tidak sesuai dengan Spesifikasi yang dituangkan dalam RAB.

Bukan hanya kwalitas yang perlu dipertanyakan, namun pengawasan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Taput juga perlu dievaluasi.

"Kalau itu proyek anggaran P.APBD tahun 2022, namun sudah banyak titik badan jalan yang ditempel ulang mengindikasikan kualitas proyek diragukan. Dan selain itu Dinas PUTR dalam pengawasan perlu dievaluasi jangan jangan ada persekongkolan." terang Patar dari LP3D, Senin (06/02/2023).

Selain itu lanjut Patar, pada pekerjaan drainase jalan, terlihat disejumlah titik lantai sudah terkelupas memanjang, yang berarti kualitas campuran semen dan pasir diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Menurutnya, jikalau Dinas PUTR Kabupaten Taput pada saat pekerjaan proyek tersebut melakukan pengawasan baik, maka kondisi badan jalan yang ditempel ulang akan berkualitas dan terjamin.

Artinya sambung Patar, Dinas PUTR Kabupateb Taput tidak serius mendukung program Bupati Nikson Nababan yang memprioritaskan seluruh insfrastruktur jalan harus tuntas dan berkualitas.

"Dari beberapa proyek jalan yang kita amati, kwalitasnya dipertanyakan. Jangan jangan Dinas PUTR tidak serius mendukung program Pak Bupati Nikson Nababan." pungkas Patar

Sementara Kadis PUTR Kab.Taput Dalan Simanjuntak saat dikonfirmasi wartawan melalui aplikasi WhatsApp hanya menjawab singkat.

"Mauliate info ni lae. Hu cek majo da lae" (Terima kasih infonya lae. Saya cek lah dulu lae)." jawab Dalan

Informasi yang didapat Patar Lumban gaol, pagu anggaran proyek tersebut senilai Rp.3.300.000.000.

(Tim)