Taput, Sumut, Fokus24.id-Ketua TP PKK Taput Satika Simamora, bersama Wakil Ketua Ny Marsaulina Sarlandy Hutabarat sambut kunjungan Ny Nawal Edy Rahmayadi dalam Peringatan Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022 Kabupaten Tapanuli Utara, di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan Tarutung. Kamis, (22/12/2022).

Satika Simamora mengucapkan selamat datang kepada Ny Nawal Edy Rahmayadi dan D'Sister atas kunjungan dan kepedulian terhadap masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara.

"Selamat datang, kepada ibu Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi bersama D'Sister karena telah meluangkan waktu dan tenaga mengunjungi masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara dan atas bimbingan Ibu kita menerima penghargaan Upakarti Tahun 2022 dari Pemerintah Pusat," ucap Satika.

Dalam arahannya, Satika Simamora menyatakan bahwa kaum ibu harus mampu berdoa, bekerja serta berkolaborasi dengan suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

"Ibu atau perempuan batak itu adalah 'Boru Ni Raja. Kita kaya akan budaya dan adat istiadat yang mengajarkan tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang ibu, harus mampu menjadi panutan, penopang dan dapat membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga," ujar Satika diawal arahnya.

Satika juga mengingatkan para kaum ibu untuk kompak, bijak dan siaga dalam menghadapi resesi global tahun 2023.

"Kita tidak tau kapan dan berapa lama resesi global akan terjadi. Kita harus tau apa potensi daerah kita dan memanfaatkannya melalui UMKM untuk itu Para ibu juga harus bijak dalam mengelolah keuangan," tambah Satika.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Nawal Lubis menyampaikan apresiasi atas sambutan yang ramah dari masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara.

"Terimakasih kami sampaikan atas sambutan yang hangat dari masyarakat Taput, Kami tidak membawa banyak, tapi ini adalah tanda kasih atau 'tanda ni holong' dari kami.

Hari Natal akan segera tiba, ini adalah anugerah Tuhan yang Maha Kuasa karena kita masih bisa merayakannya. Semoga kehadiran Natal tahun ini kita semua berbahagia. Kami berharap semoga bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat," ucap Nawal Lubis.

Ny Nawal Edy Rahmayadi kemudian memberikan paket berisi sembako perlengkapan mandi dan tali kasih, kepada para lansia dan paket berupa makanan tambahan biskuit, sembako dan tali asih kepada para balita penyintas stunting.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala DPPKBP3A Donna Situmeang, Kepala Dinas Sosial Bahal Simanjuntak beserta para perwakilan dari Perangkat Daerah

Acara sebelumnya diawali dengan Lomba Stand Up Comedy kaum ibu perwakilan dari Kecamatan dan upacara peringatan yang dihadiri oleh sekitar 260 orang kaum ibu, 150 anak penyintas stunting dan 100 orang lansia.

(Aman Siregar)