Serdang Bedagai, Sumut, Fokus24.id-Curah hujan yang tinggi beberapa hari ini mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam banjir serta jebolnya tanggul Sungai Meriah Padang.

Disusul dengan kiriman air dari wilayah hulu mengakibatkan Sungai Bedagai, sehingga tidak mampu menampung air dan meluap ke pemukiman warga.

Melihat situasi ini, Pemkab Sergai bergerak cepat merespons bencana banjir yang menerjang sejumlah desa di beberapa kecamatan.

Bupati Sergai H Darma Wijaya langsung turun meninjau lokasi banjir di Desa Sei Rampah dan Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, Kamis (17/11/2022).

Bupati Sergai menyampaikan kalau pihaknya akan menerjunkan alat berat berupa eskavator untuk mengintensifkan proses normalisasi sungai Belutu,

Selain PUPR, Bupati juga mengerahkan seluruh dinas terkait untuk bergerak melaksanakan penanganan.

Diantaranya Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Badan Penbanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai.

Kesempatan itu, Bupati melakukan pengecekan bantuan sembako telah diterima warga. Ia juga mengerahkan petugas kesehatan untuk bersiaga melayani masyarakat yang terkena penyakit akibat terdampak banjir.

Sisi lain, Dinas Kesehatan mendirikan posko pemeriksaan kesehatan dan pengobatan di beberapa titik lokasi banjir dengan menurunkan Pusling/Ambulance.

Selain itu, Dinkes juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga korban banjir dan terus berkoordinasi dengan Aparatur Desa jika ada masalah kesehatan.

(Nurgahana Sitompul)