Taput, Sumut, Fokus24.id - Dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) RI ke-77 Kementerian Dalam Negeri bersama dengan Pemprov dan Pemkab/Kota seluruh Indonesia, melakukan gerakan pembagian 10 juta helai bendera merah putih.

Untuk Kab.Tapanuli Utara (Taput) pembagian bendera Merah Putih tersebut di lakukan di 3 Kecamatan, yakni di Kecamatan Tarutung, Sipoholon dan Siborong borong, Jumat, (12/08/2022).

Di Kecamatan Sipoholon, kegiatan itu dilakukan di Jalan protokol Tarutung-Balige oleh Binhot Aritonang Asisten III Pemkab Taput bersama Camat Sipoholon Ronald Situmorang serta anggota TNI juga Kepolisian

Kepada sejumlah media Binhot menjelaskan, pembagian Bendera Merah Putih ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali jiwa kebangsaan ditengah Pendemi Covid-19.

"Agar membangkitkan kembali jiwa kebangsaan dalam rangka HUT RI ke-77" ujar Binhot Aritonang disela waktu pembagian bendera.

Sementara Camat Sipoholon Ronald Situmorang yang juga ikut dalam kegiatan tersebut berharap  adanya kesadaran masyarakat dalam menyambut HUT RI memasang bendera di depan rumah masing masing.

Artinya menurut Ronald, sebagai warga Indonesia  yang akan menyambut hari Kemerdekaan. Tanpapun adanya pembagian bendera dari pemerintah ini, seyogyianya bendera sudah terpasang di depan rumah.

"Kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya ikut merayakan kemerdekaan kita yang ke 77. Seharusnya tanpa diberi bendera ini, kita sudah harus merasa sadar memasang bendera didepan rumah kita masing masing" ujar Camar Sipoholon

Dari pantauan kegiatan itu, bendera tersebut dibagikan kepada pejalan kaki, kenderaan mobil dan motor yang lewat yang dipasangkan langsung ke tangkai kaca spion.

(Patar Lumban Gaol)