Taput, Sumut, Fokus24.id-Pembangunan Jalan Usaha Tani di Desa Hutatoruan 8 Kecamatan Tarutung Tapanuli Utara yang bersumber dari Dana Desa Tahun anggaran 2024 baru dikerjakan sudah retak di beberapa titik pada bagian pasangan semen.

Pekerjaan yang menggunakan anggaran sebesar 325 juta rupiah ini diduga tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah dituangkan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Akibatnya, pasangan semen tersebut tidak kuat sehingga mengalami keretakan diduga disebabkan tidak sesuainya perbandingan campuran pasangan antara semen, pasir dengan batu.

Saat hendak dikonfirmasi kepala kepala desa Hutatoruan 8 Patar Manik di kantornya kamis (08/08/2024), salah seorang perangkat desa mengatakan kades sedang keluar.

Dikonfirmasi melalui pesan dari aplikasi WhatsApp kepala desa Hutatoruan 8 Patar Manik tidak ada jawaban.

Sementara Camat Tarutung Reinhard Lumbantobing saat diminta tanggapan terkait tertutupnya beberapa kepala desa di Kecamatan Tarutung mengatakan kalau pihaknya selalu mengajak kepala desa agar komunikatif terhadap semua elemen termasuk wartawan.

"Kita juga menekankan agar kepala desa tidak tertutup terkait penggunaan dana desa (DD) dan anggaran Dana Desa (ADD)". Ungkap Reinhard.

Kepala desa harus memahami tupoksinya sebagai kepala desa dan mampu menjelaskan apa program pembangunan didesa masing-masing.

"Selain itu kepala desa harus siap dikontrol dan diawasi oleh sosial control demikian juga penegak hukum atas kebijakan desa terkait penggunaan anggaran". Tandas Reinhard.

(Patar Lumban Gaol)