Taput Sumut Fokus24.id-Kepala Kepolisian Resort Tapanuli Utara (Taput) AKBP Ernis Sitinjak SH. SIK. memaparkan keberhasilan Polres Taput dalam mengungkap berbagai kasus tindak pidana serta penyelesaiannya selama Tahun 2023.

Didampingi Wakapolres Kompol Joni Sitompul SH. Kasat Lantas AKP Dahnial Saragih SH. Kasat Sabhara AKP R. Simarmata, KBO Reskrim Ipda M. Sihombing dan Kasi Propam Ipda AM Siregar press relise bersama sejumlah wartawan di Mapolres Taput Sabtu, (30/12/2023).

Ernis menjelaskan, berbagai kasus kejahatan tindak pidana yang berhasil di ungkap satu tahun terakhir yaitu, Kasus Narkoba, Curanmor, Judi, Curat, Curas, Cabul dan kejahatan lainnya.

Di jelaskan secara rinci, untuk kasus Narkoba Polres Taput berhasil menangkap penyalahgunaan Narkotika baik sebagai bandar, kurir dan pengguna sebanyak 48 kasus. Dari 48 kasus tersebut jumlah tersangka sebanyak 64 orang.

Sedangkan untuk penyelesaian 34 kasus sudah tahap II artinya tersangka dan barang bukti sudah diserahkan ke kejaksaan. Sedangkan 14 kasus lagi saat ini masih dalam proses karena itu hasil penangkapan akhir bulan Nopember dan Desember.

Untuk kasus yang ditangani oleh Sat Reskrim total keseluruhan ada sebanyak 413 kasus. Jenis-jenis  kasus tersebut yaitu Curanmor 31 kasus, Judi 13 kasus, Curas (pencurian dengan kekerasan) 1 kasus, Curat (pencurian dengan pemberatan) 40 kasus, Cabul 14 kasus dan kejahatan lainnya.

Total kasus yang ditangani reskrim sebanyak 413 kasus dan yang sudah selesai sebanyak 290 kasus.

Sedangkan kasus kecelakaan lalu lintas total sebanyak 169 kasus. Korban meninggal dunia 50 orang, luka berat 128 orang, dan luka ringan 168 orang. Untuk penyelesaian sebanyak 155 kasus.

Dari keseluruhan kasus yang di tangani polres,  baik itu kasus laka lantas, Narkoba dan pidana umum selama tahun 2023  sebanyak 630 kasus. Untuk penyelesaian sebanyak 479 kasus sehingga kalkulasi penyelesaian sebanyak 76%.

Untuk kasus yang belum selesai, kita akan bekerja keras supaya di awal tahun 2024 bisa dilesaikan dengan tuntas.

Selain pengungkapan dan penuntasan berbagai jenis kasus, Ernis juga menyampaikan, untuk saat ini ada tugas berat yang menjadi prioritas polri yang sangat di seriusi di seluruh Indonesia.

Antara lain 1. OMB ( Operasi Mantap Brata 2023/2024. Operasi Mantap Brata ini menyakut terlaksananya Pemilu Damai 2024.

Tahapan pemilu sudah berlangsung mulai beberapa bulan yang lewat.  Semuanya berjalan dengan lancar dan kondusif. Oleh karena itu, saya  mengharapkan dukungan dan peran serta seluruh elemen masyarakat, stake holder, LSM dan insar pers agar secara bersama-sama bergandeng tangan menjaga dan mendukung terlaksananya pemilu Damai 2024.

Polri kuat dalam melaksanakan tugas pengamanan apabila mendapat dukungan dari masyarakat. Oleh karenanya,  saya mengajak semua pihak mari secara bersama-sama menjadikan negara kita ini hidup di dalam ketentraman.

Kedua, Operasi lilin Toba juga saat ini sedang berlangsung. Operasi lilin Toba bertujuan untuk pengamanan hari Natal 2023 dan perayaan tahun Baru 2024.

"Kita tahu bersama,  bahwa kabupaten Taput salah satu tujuan para pemudik dari perantauan untuk merayakan Natal dan tahun baru" ujar Kapolres

Kegiatan ini juga sangat menguras tenaga dan pikiran polri agar para pemudik yang menuju Taput serta yang melintas dari Taput bisa terkendali,  berjalan lancar dan nyaman.

Arus lalu lintas menuju dan melintas dari Taput meningkat pesat. Sehingga kemacetan harus kita kendalikan. Untuk operasi lilin ini ada 7 pos yang kita siapkan. Ke 7 pos tersebut terdiri dari, 1 Pos Terpadu ditempatkan di Bandara Silangit, 2  Pos pelayanan ditempatkan di Kota Siborongborong dan Sipoholon serta 4 Pos Pengamanan yang letaknya di kecamatan Adiankoting, kecamatan Pahae Jae, Salib Kasih Siatas Barita dan Panatapan Hutaginjang.

Untuk mengisi ke 7 pos ini personil sudah kita tempatkan dari polri 176 orang, Kodim 0210/TU 56 orang , Denpom 2 orang, Dishub 42 orang, Satpol PP 56 orang, Dinkes 14 orang dan anggota pramuka 14 orang.

"Pada kesempatan ini, kita berkeyakinan, dengan Doa, kerjasama dan kerja keras kita, kedua operasi ini akan berjalan dengan kondusif, anan dan damai tsnpa ada gangguan dari pihak manapun. Semoga TMYE selalu melindungi dan memberikan kesehatan kepada kita semua"  Terang Ernis Sitinjak.

(Patar Lumban Gaol)