Siantar, Sumut, Fokus24.id-Program Gemar Menabung, Gerakan Aksi Nyata Menanam 1 Siswa 1 Pohon Buah, serta Budaya Lihat Sampah Ambil dan Pilah (LISA Pil) dirangkai dalam satu kesatuan di Kota Pematang Siantar.

Ketiga gerakan tersebut merupakan investasi di masa yang akan datang untuk masa depan yang lebih baik.

Sambutannya, Walikota Pematang Siantar dr Susanti mengatakan kegiatan Indonesia Menabung dan Aksi Nyata Menanam 1 Siswa 1 Pohon Buah.

Ia menyampaikan giat tersebut saat berkunjung ke SMP Negeri 3 Pematang Siantar, Jalan Laguboti Kelurahan Martimbang Kecamatan Siantar Selatan, Kamis (24/08/2023).

Bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut, dr Susanti ingatkan menabung, menanam pohon, dan LISA Pil agar seluruh pihak menghargai proses yang ada.

"Karena hasilnya bukan sekarang, tapi nanti di masa yang akan datang," tutur wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar  ini.

Dalam proses ini, tutur dr Susanti, semua pihak diwajibkan mengawal dan menindaklanjuti, sehingga dilakukan secara rutinitas.

Lebih lanjut, dokter spesialis anak itu mengapresiasi program Aksi Nyata Menanam 1 Siswa 1 Pohon Buah. Dengan menanam pohon, lanjutnya, siswa diajarkan untuk merawat dan menyayangi pohon yang ditanam.

Sedangkan program "Gemar Menabung" adalah perilaku positif bagi siswa dalam meraih masa depan yang cemerlang.

Budaya menabung penting ditanamkan sejak dini dalam diri siswa. Diingatkan pula akan tujuan Indonesia menjadi Generasi Emas pada tahun 2045 dan pentingnya kontribusi siswa dalam menjalankan program pemerintah.

dr Susanti juga mengajak semua pihak untuk mendukung program "Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas", demi kemajuan Kota Pematang Siantar.

Acara ditandai dengan penyerahan buku tabungan kepada siswa secara simbolis oleh dr Susanti didampingi pimpinan perbankan, menanam bibit pohon buah, dan peresmian Bank Sampah di SMPN 3 Pematang Siantar.
(ADV/Hot)