Kuala Lumpur, Fokus24.id-Pimpinan PT Lovely Holidays Maruli Damanik yang juga penggiat pariwisata di Sumatera Utara membentuk tim margotong marbulang.

Tujuan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan budaya dan sejumlah lokasi wisata di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun kepada masyarakat Kuala Lumpur Malaysia.

Di Kuala Lumpur, peserta yang ikut dalam tim menggelar pertunjukan manortor, mandoding dan fashion show, selama empat hari.

Adapun lokasi pertunjukan yakni di Putra Jaya, Genting Highland, Twintower, Istana PM Malaysia, Pusat Perbelanjaan Mitsui, Melaca dan Gedung Olahraga Kuala Lumpur.

Kedepannya, kegiatan tersebut juga akan digelar Turki, Thailand, Vietnam dan negara eropa lainnya dengan melibatkan Lovely Holiday sebagai promotor.

Maruli Damanik menyampaikan pariwisata salah satu komoditi penyumbang PAD Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Banyak objek wisata berpotensi sebagai modal dasar dimiliki Siantar Simalungun seperti Parapat, Bukit Simarjarunjung, Pemandian Bah Sidamanik, Perkebunan The Sidamanik, Pemandian air panas Tinggi Raja, Kota Pematang Siantar,

"Kehadiran kita di Kuala Lumpur ini untuk memperkenalkan budaya serta lokasi wisata di Simalungun agar wisatawan di Malaysia mau berkunjung ke Siantar dan Simalungun" ucap Maruli Damanik.

Selain budaya dan lokasi wisata, hasil bumi seperti Kopi, Pisang, Jagung, teh, gula aren serta produksi tenun ulos atau souvenir khas Simalungun dibawah binaan UMKM juga menjadi salah satu andalan PAD Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.

Melalui kegiatan ini, semoga pariwisata di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun semakin banyak pengunjung mancanegara.

Menurut Maruli, sambungnya, unyuk memajukan pariwisata dan budaya simalungun banyak yang harus dibenahi,

"Sebab, selama ini pengelolaan Pariwisata di Siantar Simalungun belum menggeliat seperti daerah lainnya." ungkapnya.

Hal tersebut disebabkan kondisi jalan yang mengalami rusak, pelayanan, sarana prasarana pendukung yang belum optimal dan sebagainya." bebernya.

Sementara, bacaleg Partai Perindo DPRD Prov Sumut Kolonel Inf Purn James Sabar Mahita yang ikut sebagai rombongan dan antusias mengikuti pengenalan budaya simalungun mendukung agar tahun depan kembali dilakukan Tour ke Negara lainnya.

Banyak pengetahuan dan wawasan dapat dipetik dengan mengamati kemajuan di Kuala Lumpur Malaysia dan Pusat Pemerintahan di Putra Jaya, seperti kebersihan, kerapian, keindahan,

"Hampir seluruh tempat tertata dengan baik. Sikap dan tata krama ramah masyarakat budaya melayu sangat bersahabat, tertib dan disiplin." kata James Sabar Mahita.

Acara yang digelar Selama 4 hari di Negeri Jiran itu berjalan lancar dan seluruh peserta rombongan merasa puas dengan pelayanan dari Lovely Holiday beserta crewnya.