Taput, Sumut, Fokus24.id-Apabila tidak ditanggapi, akses Jalan menuju Desa Lobusunut Kecamatan Parmonangan Kabupaten Lobusunut Tapanuli Utara (Taput), terancam putus dan longsor.

Monang Manalu Kepala Desa Lobusunut menerangkan, sebelumnya titik jalan tersebut sudah longsor akibat gempa bumi yang terjadi di Taput awal oktober tahun 2022 lalu.

Dan karena merupakan akses utama, warga bergotong royong menimbun longsoran.

"Karena merupakan akses utama ke Desa ini, warga bergotong royong untuk menimbun longsoran dengan mengisi karung dengan tanah" ujar Monang Manalu

Akan tetapi lanjut Monang, setelah jalan tersebut ditimbun timbul masalah lain. Dimana mobil truk pengangkut hasil pertanian warga yang melewati titik jalan juga menyebabkan longsor sehingga untuk membatasinya kini jalan tersebut tidak lagi ditimbun.

Kendati demikian Monang mengatakan sudah ada pengusulan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Taput supaya jalan tersebut di perbaiki. Dan berharap agar akses tersebut bisa segera diperbaiki.

Terpisah, Jonner Simanjuntak Sekretaris BPBD Kabupaten Taput mengakui sudah ada usulan Desa Lobusunut agar jalan tersebut diperbaiki dan sekarang lagi diproses.

"Ya.! Itu sudah ada usulan dan lagi diproses" jawab J. Simanjuntak melalui sambungan telepon.

Amatan dilokasi, kerusakan sekitar 15 m dan lebar bahu jalan yang tersisa sekitar 1,5 meter dengan jurang kiri kanan sedalam 6 meter.

(Patar Lumban Gaol)