Siantar, Sumut, Fokus24.id-Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani menghadiri acara pengobatan gratis di Puskesmas Martoba, Jalan TB Simatupang Kecamatan Siantar Utara, Rabu (15/02/2023) pagi.

dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang sangat peduli dan memperhatikan masyarakat melalui program BKB.

Dimana dalam program BKB tersebut diberikan pelayanan kesehatan gratis, meliputi khitanan massal, operasi bibir sumbing, dan pengobatan spesialis (penyakit dalam).

"Seluruhnya ditangani tim medis atau dokter dari Tim BKB Sumut." Kata Susanti.

Pada kesempatan tersebut, dr Susanti yang merupakan dokter spesialis anak, memaparkan terkait stunting dan ciri-ciri anak stunting serta penanganannya.

"Tidak harus nasinya banyak, namun pemenuhan empat sehat dan lima sempurna. Seperti program Isi Piringku," papar dr Susanti, memberikan pengarahan bagaimana memberikan makanan yang baik kepada anak.

Mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu berharap agar jumlah anak stunting di Kota Pematang Siantar terus berkurang.

"Jika sebelumnya dari 100 anak ada 14 yang stunting, diharapkan tahun depan menjadi 10 anak." Ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas BKB Provinsi Sumut Brigjend TNI (Purnawirawan) dr Harry Yusmanadi  dalam laporannya menuturkan, kegiatan ini diselenggarakan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumut.

Harry mengapresiasi antusias masyarakat yang cukup tinggi walaupun kondisi sedang hujan.

Kegiatan ini, sambungnya, bukan mengambil peran Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar. Sebab pada prinsipnya mereka dari BKB Sumut hadir dan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan demi memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Dalam kegiatan ini, kami juga memberikan makanan tambahan kepada lansia dan anak-anak. Semoga bermanfaat bagi masyarakat," tukasnya.