Taput, Sumut, Fokus24.id-Bupati Taput, Nikson Nababan, menerima audensi Panitia Musyawarah Daerah (Musda) ke-VII dan Pelantikan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Tapanuli Utara di pendopo Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Rabu (14/09/2022).

Adapun tujuan dan maksud audiensi tersebut adalah membangun silaturahmi dengan Bupati Taput dan AMPI siap bersinergitas dengan Pemkab Taput untuk membangun Kabupaten Tapanuli Utara kedepan yang lebih baik.

Dalam audensi tersebut, diskusi ringan dengan bupati serta menerangkan beberapa program yang sudah terlaksana dalam kurun waktu jabatannya, dimana program skala prioritasnya adalah interkoneksi desa menuntaskan desa desa terisolir karena  mayoritas masyarakat Tapanuli Utara adalah petani.

"Sampai tahun ini sudah di buka jalan 800 Km interkoneksi desa, pembukaan lahan pertanian  karena desa adalah sumber produksi dan kota adalah konsumsi, bagaimana sumber desa lancar sehingga ekonomi desa bangkit kota meningkat."jelas Bupati.

Lanjutnya menjelaskan, peningkatan jalan jadi hotmix, pembangunan jembatan penghubung antar desa,  pembukaan jalan, pemasangan listrik untuk desa terpencil dengan demikian ekonomi desa semakin mengalami peningkatan.

"Dengan ekonomi Desa yang kuat  yang pasti kota  akan lebih maju, serta meningkatkan desa Presisi." terangya.

Nikson Nababan juga menerangkan bahwa peningkatan di bidang kesehatan, ekonomi sudah mengalami ke naikan.

Untuk itulah Bupati Taput berharap kedepan AMPI dapat mendukung program program Pemerintah serta bersinergis dalam membangun Kabupaten Tapanuli Utara kedepan.

Terlebih dalam pendidikan dimana dalam slogan Batak "Anakkon Hi do Hamoraon Di au," dimana anak nya harus di sekolahkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, untuk itulah perlu adanya Universitas Negeri di Tapanuli Utara supaya anak anak daerah ini tidak lagi harus merantau untuk menempuh jenjang pendidikan.

Untuk itulah, di harapkan seluruh elemen masyarakat baik organisasi masyakarat dan kepemudaan ,mari bersama memikirkan bagaimana caranya supaya berdiri Universitas Negeri di Tapanuli Utara.

Dengan harapan di cabutnya beberapa moratorium yang berdampak dalam program program pembangunan di daerah.

Di akhir arahannya Bupati berpesan, supaya AMPI Taput melakukan kegiatan kegiatan sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, melaksanakan Gotong royong Jumat bersih dan juga penanaman pohon di tempat tempat tertentu dan bekerjasama  dengan Pemkab Taput.

Akhir sesi audensi, Ketua Pelaksana Panitia dr Bobby Simanjuntak , mengucapkan terimakasih atas atensi yang di berikan Bupati Taput buat AMPI.

"Kami siap mendukung program dan siap bersinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara demi kemajuan Bona Pasogit," ujar dr.Bobby Simanjutak.

Sebelumnya Ketua panitia  dr. Bobby Simanjuntak telah memperkenalkan ke Bupati susunan panitia musda ke- VII AMPI DPD Tapanuli Utara. Sekretaris Panitia Tulus Nababan.

Dalam audensi tersebut turut hadir mendampingi bupati Taput Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Tonny Simangunsong, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah raga Taput Agus Sinaga.

Musda ke -VII dan Pelantikan DPD AMPI Tapanuli Utara periode 2022- 2027 rencananya akan di laksanakan pada tanggal 29 September 2022di Gedung Sopo Partungkoan Tarutung.

(Aman Siregar)