Simalungun, Fokus24.id-Berdasarkan pemetaan Epidemiologi Kabupaten Simalungun per tujuh hari mundur 7-13 Maret 2022, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, masuk dalam zona waspada atau hati-hati.

"Karena terdapat 1-5 orang per rumah tangga terpapar Covid-19," papar Wakil Sekretaris Satgas Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Simalungun, Manaor Silalahi saat ditemui di Posko, Selasa (15/03/2022) sekira jam 15.30 WIB.

Kendati demikian, Dinas Pendidikan (Disdik) Siantar nekad menggelar rapat koordinasi (rakor) di Hotel Niagara, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, selama tiga hari.

"Mulai hari Senin itu kegiatannya. Masuknya hari Minggu. Tadi baru selesai," kata Karo-Karo yang mengaku sebagai HRD saat ditemui di pelataran parkir, Rabu (16/03/2022) sekira jam 11.00 WIB.

Adapun sebagai pesertanya, para kepala sekolah dan tanpa rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Penyebaran Covid-19 (Corona Virus Disease) Kabupaten Simalungun.

"Rekomendasi juga tidak ada. Harusnya, mereka (Disdik Siantar) duluan mengurus sebelum melaksanakan rakor," tegas Manaor diamini Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid-19 Simalungun, Ramadhan Damanik.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pendidikan Siantar, Kusdianto melalui pesan singkat, Selasa (15/03/2022) sekira jam 11.39 WIB menyampaikan, terkait kegiatan Rakor Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar Tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Niagara Parapat tanggal 13 s.d. 16 Maret 2022, merupakan agenda rutin Dinas Pendidikan. 

Peserta Rakor terdiri dari Kepala Sekolah TK,SD, SMP, PKBM, LKP, SKB dan organisasi mitra Dinas Pendidikan, adapun agenda rapat adalah perencanaan dan peneyelarasan program-program Dinas Pendidikan Tahun 2022," balas Kusdianto.

Kegiatan tersebut menurut Kusdianto, bersumber dari APBD Dinas Pendidikan TA. 2022 yang sudah direncanakan pada tahun 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 177 orang.

"Terkait pelaksanaan di Parapat untuk mengefektifkan rapat koordinasi dan juga tidak tersedianya akomodasi di Kota Pematangsiantar pada tanggal yang sudah ditetapkan, serta mengingat kondisi PPKM Level 3 di Kota Pematangsiantar," balasnya.

Dan juga, lanjut Kusdianto, mendukung program pemerintah pengembangan kawasan destinasi wisata superprioritas Danau Toba, sebagai informasi tambahan bahwasanya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga tanggal 15 Maret 2022 melaksanakan kegiatan Musrembang Propinsi di Hotel Niagara," papar Kusdianto. 

(Red)