Tapanuli Utara, Sumut, Fokus24.id-Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Kegiatan ini dilakukan untuk memberdayakan masyarakat supaya berpola hidup sehat." Kata Kepala Dinas Kabupaten Tapanuli Utara(Taput) melalui Kabid Kesehatan Dintar Hutabalian, Jumat (22/04/2022).

Menurut Dintar ada 7 langkah yang di canangkan Germas untuk memberdayakan pola hidup sehat bagi masyarakat.

"Melakukan aktifitas fisik, budaya mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak Mengkonsumsi ninuman beralkohol, memeriksa kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan nenggunakan jamban." Jelasnya.

Ditambahkan Dintar, nantinya kegiatan Germas ini dilaksanakan setiap bulan dan akan  diterapkan juga disetiap Puskesmas, Pustu maupun Poskesdes yang ada di desa desa.

Terkait dengan anggaran Germas ini, Dintar menegaskan Dinas Kesehatan menyiapkannya, akan tetapi masyarakat juga diharapkan ikut andil untuk kesuksesan Germas ini.

"Kita siapkan anggarannya, makanya dimodifikasi. Kalau anggarannya tidak cukup.!! yang namanya untuk masyarakat, masyarakat harus ikut andil" terang Dintar.

Sementara pantauan dilokasi, kegiatan Germas itu diisi dengan senam pagi, makan buah dan sayur, minum susu kedelai dan luckydraw.

(Aman Siregar)