Medan, Sumut, Fokus.id-Ucapan terima kasih disampaikan Kapolda Sumut kepada masyarakat Kota Medan khususnya, dan masyarakat Sumut umumnya yang telah menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban (Kamtibmas) kondusif.

"Pada hari ini sejumlah elemen mahasiswa direncanakan menggelar unjuk rasa di Kota Medan dan beberapa kabupaten. Sejauh ini situasi Kamtibmas terpantau dalam kondisi sangat kondusif, tidak ada unjuk rasa yang berlebihan," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Senin (11/04/2022).

Kapolda Panca menyebut, walaupun situasi Kamtibmas kondusif, Polda Sumut dan jajaran tetap menyiagakan personel untuk melaksanakan tugas melakukan pengawalan dan pengamanan.

"Tetap kita siagakan personel untuk mengantisipasi unjuk rasa. Apalagi saat ini tengah menjalankan ibadah puasa. Kita mengharapkan dengan situasi terjaga aman, ekonomi masyarakat segera tumbuh," sebutnya.

Pantauan di lapangan, personel Polrestabes Medan secara humanis mengimbau para muda-mudi yang sedang berkumpul di seputaran Lapangan Merdeka Medan untuk membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing.

Personel Polrestabes Medan secara humanis mengimbau para muda-mudi yang sedang berkumpul di seputaran Lapangan Merdeka Medan untuk membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing.

Kapolrestabes Medan, Kombes Valentino, dan Kasat Intelkam, AKBP Ahyan, juga menyampaikan himbauan kepada orang-orang di Lapangan Merdeka Medan agar tidak berkerumun, mengingat situasi masih pandemi Covid-19.

"Ayo-ayo, adik-adik kembali pulang, jangan berkerumun. Tolong tetap patuhi protokol kesehatan," sebut Kapolrestabes.

Di sejumlah titik yang dikabarkan akan menjadi lokasi unjuk rasa tidak terpantau adanya massa aksi.

Sempat tampak sekitar puluhan mahasiswa dengan seragam almamater berwarna biru tua konvoi mengendarai sepeda motor melintas kawasan Jalan Imam Bonjol, tepatnya di depan Kantor DPRD Sumut.
Namun, 

"Tidak diketahui ke mana arah dan titik kumpul puluhan mahasiswa yang mengendarai sepeda motor tersebut. Hingga pukul 17.40 WIB, tidak juga adanya pusat aksi unjuk rasa di Medan." Pungkas Kapolrestabes Medan, Kombes Valentino.

(Josua)