Toba, Fokus24.id-Sebanyak 56 calon siswa dari Kabupaten Toba yang lulus seleksi akademik ke Yayasan TB Soposurung dilatih samapta oleh anggota TNI. 

Latihan samapta ini digelar oleh Dinas Pendidikan Toba selama dua hari di Lapangan Mini Soposurung, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, dimulai sejak Senin 14 hingga Selasa 15 Maret. 

"Sebanyak 56 ini yang lulus seleksi akademik di Yasop, jadi sesuai dengan pengumuman dari Yasop tes selanjutnya adalah tes kesamaptaan, maka kita latih anak-anak kita di Balige, semua kita pusatkan yang 56 itu yang dilatih kesamaptaan," ujar Rikardo Hutajulu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba pada Senin, 14 Maret sore. 

Para calon siswa ini sebelumnya dinyatakan lulus akademik, dan selanjutnya akan mengikuti ujian seleksi kesamaptaan yang akan digelar pada pada tanggal 18-19 Maret mendatang. Pelatihan ini selama dua hari ini diharapkan dapat membantu para calon siswa untuk lulus ujian seleksi. 

Serka MJ Pangaribuan, pelatih para casis ini menyebut, dihari pertama latihan, beliau melihat terdapat sekira 40 persen para calon siswa yang kemungkinan mampu melewati ujian kesamaptaan. 

"Untuk latihan hari pertama, kita lihat ada sekira 40 persen para calon siswa ini yang kemungkinan lulus tes kesamaptaan. Meski begitu, masih ada latihan dihari ke dua, kita upayakan para siswa ini mampu meski waktunya sudah terbilang mepet," ujarnya usai melatih para siswa. 

Sebelumnya, ratusan pelajar kelas tiga SMP se-Kabupaten Toba didik secara intens agar berhasil lulus ke SMA Unggulan, terutama Yayasan TB Soposurung dan SMA Unggul Del.

Khusus yang mendaftar ke Yayasan TB Soposurung, hanya 56 siswa yang lulus akademik dan selanjutnya akan mengikuti ujian kesamaptaan. Usai ujian kesamaptaan, para calon siswa yang lulus akan kembali mengikuti ujian kesehatan dan wawancara.

(Christian)