Taput, Sumut, Fokus24.id-Kepolisian Resort Tapanuli Utara (Taput) melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka persiapan pengamanan mudik perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Terminal Madya Tarutung Senin, (17/04/2023).

Apel gelar pasukan dihadiri Kapolres Tapanuli Utara (Taput) AKBP Johanson Sianturi, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, mewakili Bupati Taput Asisten III Binhot Aritonang, Ketua PN Tarutung Hendra Hutabarat, Mewakili Kajari Taput G Purba, dan sejumlah PJU Polres Taput, PJU Kodim p0210/TU serta OPD Pemkab Taput.

Sedangkan peserta apel gelar terdiri dari 2 pleton TNI, 4 Pleton Polri, 1 pleton Satpol PP, 1 Pleton Petugas Dinas Perhubungan, 1 Pleton Petugas Dinas Kesehatan dan 1 pleton dari pramuka.

Bertindak selaku pimpinan apel gelar pasukan yaitu Dandim 0210/ TU, Letkol Inf Hari Sandra.

Disela sela kegiatan, kepada wartawan Kapolres Taput mengungkapkan, apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka operasi ketupat 2023 yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

Ia menambahkan, hal itu bertujuan untuk memberikan pengamanan dan pelayanan perayaan Hari Raya Idul fitri 1444 H dimana pemerintah telah menetapkan libur nasional  mulai tanggal 19 -25 April 2023.

"Untuk mendukung Operasi tersebut, kita mendirikan 7 pos, antara lain, 2 pos pelayanan yang terletak di Pasar Siborongborong dan Air panas Sipoholon.

4 Pos Pengamanan yang terletak di Kecamatan Pahae Jae, Kecamatan Adiankoting, Salib Kasih Siatas Barita dan Hutaginjang Muara.

Kemudian 1 Pos Terpadu terletak di Bandara internasional Sisingamangaraja XII Silangit Kecamatan Siborongborong Taput" Papar Kapolres

Adapun  jumlah personil yang disiapkan untuk 7 pos sebanyak 218 personil terdiri dari, 126 personil Polri, 2 personil Denpom, 24 personil TNI, 22 personil Satpol PP, 22 Personil Dinas perhubungan, 14 personil dinas kesehatan, 4 personil kementerian perhubungan dan 4 personil dari angkasa pura bandara Silangit.

Seluruh pos ditempati masing-masing personil yang sudah diatur selama 24 jam dengan bergantian. Artinya, pos selalu terisi siang dan malam untuk melakukan pelayanan bagi pemudik.

Dalam kesempatan itu Kapolres menghimbau warga Taput yang mau mudik meninggalkan wilayah Taput, agar menitipkan tempat tinggalnya kepada tetangga supaya mereka turut menjaga untuk menghindari tindak kejahatan.

Kalau ada pemudik yang membutuhkan bantuan, segera laporkan kepada petugas pada pos terdekat petugas sudah siap melakukan pelayanan selama 24 jam.

"Bagi pengemudi kenderaan roda 2 dan roda 4, kalau capek dan ngantuk jangan memaksakan diri, utamakan kesematan dan istirahatlah di pos yang di siapkan" harap Johanson.

(Patar Lumban Gaol)