Taput, Sumut, Fokus24.id-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada korban bencana alam puting beliung di Desa Pasaoran Kecamatan Purba Tua Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (31/03/2023).

Ketua TP PKK Tapanuli Utara Satika Simamora, didampingi Asisten I Bahal Simanjuntak, Kadis Sosial Denni Simamora dan Camat Purbatua Maradu Sitompul dengan sukacita memberikan penghiburan moril serta bantuan materi.

Kesempatan itu, Satika Simamora tak lupa memberikan Boras si pir ni Tondi, Pisang Sitonggitonggi hingga air putih kepada perwakilan korban.

“Tidak ada satupun insan manusia yang ingin musibah terjadi, mari sama-sama berdoa meminta kepada Tuhan agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. Kita tidak tahu apa yang terjadi dalam kehidupan kita, akan tetapi tetap lakukan yang terbaik, sehingga apapun terjadi kita tetap siap,” ucap Satika Simamora.

Lanjut Satika Simamora, untuk saat ini Instansi terkait masih menghitung estimasi kerusakan dan selanjutnya akan memberikan bantuan sesuai tingkat kerusakan masing-masing.

"Bantuan yang kita sampaikan saat ini mungkin tidak seberapa, tapi ini bentuk keperdulian terhadap apa yang dialami saudara kita." Imbuhnya.

Yang utama agar masyarakat bersama pemerintah harus tetap saling mendoakan agar tujuan pembangunan dapat tercapai, mari persiapkan diri jadi orang baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Camat Purbatua Maradu Sitompul menjelaskan, bencana alam angin puting beliung yang terjadi pada hari Senin (27/03/2023) mengakibatkan setidaknya sebanyak 61 unit bangunan di Desa Parsaoran Janjiangkola, Desa Janji Nauli dan Desa Janji Nauli.

“Kejadian Angin Puting Beliung terjadi Hari Senin sore lalu diawali hujan dan angin kencang disertai petir. Dan angin puting beliung menyapu puluhan rumah dan pohon tumbang menimpa beberapa rumah, 61 unit bangunan mengalami kerusakan ,” jelas Maradu Sitompul.

Adapun bantuan yang diberikan saat ini berupa beras, minyak goreng, makanan cepat saji susu dan biskuit bagi para lansia dan anak serta bantuan tali asih sebesar Rp12.500.000.

(Aman Siregar)