Siantar, Sumut, Fokus24.id-5 unit rumah terbakar di Jalan Sangnawaluh, persisnya di depan Komplek Megaland, Kota Pematang Siantar, Sabtu (25/03/2023) sekira jam 04.20 WIB.

Tiga rumah yang terbakar digunakan sebagai rumah makan dan berjualan gorengan.

Pantauan dilokasi, api sudah melahap bangunan. Warga sekitar berdatangan ke lokasi membantu memadamkan api.

4 mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemko Pematangsiantar turun ke lokasi melakukan pemadaman, sekira jam 04.30 WIB.

Namun api terus berkobar menghanguskan tiga rumah serta dua rumah ikut terimbas kebakaran.

Tak lama berselang, Damkar milik STTC Pematang Siantar yang berkapasitas lebih besar turun ke lokasi melakukan pemadaman.

Kasi Ops Damkar, Remaja Ginting membenarkan tiga rumah yang terbakar digunakan usaha rumah makan dan gorengan.

"Ada lima yang terbakar, 3 rumah habis terbakar, dan dua rumah lagi terdampak kebakaran." kata Remaja Ginting, bahwa rumah yang terbakar milik marga Saragih, Purba, Harahap, Tobing, dan satu lagi juga rumah marga Purba.

Ditanya berapa unit Damkar Pemko Siantar diturunkan untuk memadamkan api, Alumni Fakultas Hukum Universitas Simalungun itu mengatakan, empat unit,

"Kita maksimalkan empat unit Damkar silih berganti memadamkan kebakaran, dibantu pihak Damkar PT STTC," jawabnya.

Dilokasi yang sama Frans Sibarani kordinator Damkar PT STTC menambahkan, Damkar yang diturunkan PT STTC sebanyak dua unit.

"Kita selalu membantu Pemko Siantar setiap kebakaran, peristiwa kebakaran di jalan Sangnaualuh ini kita menurunkan Damkar PT STTC 2 unit,"ucap Frans Sibarani sambil mengatur personil yang sedang melaksanakan pemadaman secara bergantian.