Simalungun, Sumut, fokus24.id-Ulah Satkom Gajah Mada menggelar acara di Pantai Bebas, Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun,  warga protes Bupati Simalungun,

"Ulah Satkom Gajah Mada, kami pedagang disini protes kepada bupati. Mengapa di pantai bebas didirikan tenda pedagang. Harusnya pedagang disini yang sudah puluhan tahun diberdayakan." Ungkap Rosinta, Senin (24/01/2023) sekira jam 15.00 WIB.

Cara Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, dengan menggelar acara ratusan tenda tidak tepat, karena berpeluang mendatangkan pedagang luar sementara pedagang lokal membludak,

"Kami minta agar seluruh tenda dibongkar. Di Parapat sudah banyak pedagang lokal, mengapa harus mendatangkan pedagang dari luar. Dengan kondisi begini saja sudah sepi." Cetus wanita gempal yang setiap hari mengaku berjualan di sekitar Pagoda.

Sebelumnya, Bupati Simalungun pernah melarang masyarakat parapat agar tidak berjualan disekitar pantai bebas.

Menurut Radiapoh masa itu, pantai bebas Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Sebagai lokasi terbaik untuk menikmati panorama pemandangan Danau, diminta harus dijaga dan dirawat,

"Mengapa sekarang bupati malah memberikan ijin mendirikan tenda berjualan. Apa maksud perkataannya kemarin. Malah orang luar diberikan lapak jualan." Timpal pedangan lainnya.

Terkait beridirnya ratusan tenda di Pantai Bebas Parapat, Camat Girsang Sipangan Bolon Josua, balik bertanya,

"Pagi bang, surat rekomendasi pelaksanaan kegiatan ya bang." Jawabnya melalui pesan WhatsApp saat ditanya apakah sebagai camat dirinya telah menyetujui ratusan tenda didirikan di Pantai Bebas.

Kembali ditanya, apakah benar sebagai Camat Girsang Sipangan Bolon telah menyetujui acara ratusan tenda di Pantai Bebas, Josua tidak mau menjawab.

Sebelumnya, Kadis pariwisata, Fikri Damanik 
Camat Girsang Sipangan Bolon, sudah memberikan persetujuan Pantai Bebas Parapat digunakan,

"Nanti kita info y bg, karena kita baru pegang permohonannya." Jawab Kadis Pariwisata Simalungun, Fikri Damanik, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Jumat (20/01/2023), sekira jam 17.48 WIB.