Taput, Sumut, Fokus24.id-Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin, Kapolda Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak meninjau lokasi bencana gempa di area HKBP Lobusikkam Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara, Senin (03/10/2022).

Saat meninjau gedung gereja, Gubsu menjanjikan Pemprovsu akan menampung 3 milyar anggaran untuk perbaikan tempat ibadah yang terdampak bencana gempa di Desa Lobusikkam.

"Sebaiknya gedung gereja jangan dulu di pakai untuk kegiatan kebaktian, menunggu adanya perbaikan." ucap Edy Rahmayadi.

Gubernur juga memerintahkan pihak Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, supaya segera membangun tenda darurat untuk tempat ibadah kebaktian di luar menunggu diperbaiki.

"Segera berdirikan tenda darurat untuk tempat beribadah sementara dan bangunan gereja yang rusak parah ini segera di robohkan, biar jangan membahayakan warga dekat geraja." Ujar Edy Rahmayadi Kejajaran rombongannya.

Gubsu juga mengatakan, kedatangannya untuk melihat langsung kondisi desa lobusikkam  yang terdampak akibat gempa 6.0 SM pada tanggal 1 Oktober 2022 kemarin.

"Saya datang ke desa ini untuk melihat langsung kondisi desa pasca gempa, satu bukti nyata Pemprov Sumut hadir membantu masyarakat yang terdampak gempa ," ucap Edy Rahmayadi.

Selain meninjau gedung Gereja HKBP, rombongan Gubernur juga memberikan bantuan 150 paket sembako untuk warga yang  terdampak korban Bencana Gempa Maqnitudo.

Akhir kunjungannya, masyarakat Desa Lobusikkam mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara  yang telah memberikan perhatian atas bencana yang mereka alami.

Pantauan, tidak berselang lama mobil truk BPBD pemprovsu yang membawa tenda darurat langsung tiba di Desa Lobusikkam.

(Aman Siregar )