Taput, Sumut, Fokus24.id-Dalam rangka untuk memotivasi belajar para siswa yang bersifat inovatif dan edukatif, Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara mengadakan Lomba cerdas cermat (LCC) tingkat SD/SMP.

"Dselengarakannya kegiatan kompetisi  lomba cerdas cermat adalah sebagai ajang memotivasi mendorong minat bakat anak didik dalam rangka mendukung visi-misi Bupati Taput menjadikan Lumbung Sumber Manusia yang berkualitas dan siap bersaing."terang Korwil pendidikan Kecamatan Tarutung Drs. Mances Panjaitan, mewakili Kadis Dikbud

Dijelaskan, kompetisi LCC jenjang tingkat SDN yang memperlombakan tiga bidang studi, matematika,IPA dan IPS yang di ikuti 37 regu Sekolah SDN/Swasta se kecamatan Tarutung. Kamis, (15/09/2022).

Sedangkan kompetisi LCC di jenjang tingkat SMP N dan Swasta memperlombakan empat bidang studi ,matematika, IPA dan IPS serta Bahasa Inggris yang diikuti 9 regu sekolah SMP, bertempat di SMP Negeri 1 Sigompulon Tarutung, Sabtu ( 17/09/2022 ).

"Kami berharap kompetisi lomba cerdas cermat ini menjadi ajang untuk menimba pengalaman, meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang berbagai aspek ilmu pengetahuan umum yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan,"ungkap Mances Panjaitan.

Nantinya juara 1 dan 2 LCC tingkat SD/ SMP akan mengwakili setiap kecamatan di tingkat kabupaten yang di adakan pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2022.

Sebelumnya Kepala Sekolah SMP Negeri 3, Anggiat Nababan,S.Pd selaku ketua MKKS juga Panitia Kegiatan LCC di tingkat Kecamatan mengatakan, Kompetisi berjalan lancar dan sukses tidak terlepas dari adanya partisifasi dan dukungan yang diberikan para sejumlah pihak sponsor.

"Tujuan dilaksanakannya Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP untuk mengembangkan bakat dan minat pada ilmu pengetahuan sekaligus menumbuh-kembangkan semangat berkompetisi bagi para siswa."terang Anggiat Nababan.

Lanjutnya, kompetisi LCC yang digelar,hasilnya langsung diumumkan dengan menentukan para juara-juara untuk diberikan hadiah.

"Pemenang LCC tingkat SMP, juara 1 di raih SMP Negeri 2 Tarutung, juara II SMP Swasta Santa Maria Tarutung, Juara III SMP Negeri 3 Tarutung." pungkas Anggiat Nababan.

(Aman Siregar)