Toba, Sumut, Fokus24.id-Dengan membentuk kelompok tani binaan, PT Toba Pulp Lestari (TPL) melalui program Community Development (CD) telah menjalankan Sistem Tanam Jajar Legowo (Jarwo).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan perekenomian masyarakat lewat hasil panen di wilayah operasional perusahaan, di Desa Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Jumat, (01/07/2022).

Alexander Sitorus, CD TPL Officer, menegaskan bahwa program ini salah satu wujud nyata dari TPL akan selalu hadir berkontribusi untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

Dia berharap seluruh petani padi di Kabupaten Toba menerapkan sistem Jarwo, karena dapat membantu meningkatkan hasil panen yang tentunya selaras dengan pertumbuhan ekonomi.

"Sistem ini dapat memudahkan pergerakan petani di lapangan karena adanya ruang kosong dan estetika pertanaman pun terlihat lebih menarik." Terang Alexander Sitorus

Disamping itu, petani binaan TPL juga diberikan benih padi serta pupuk untuk membantu menyuburkan tanaman.

"Tambahannya juga kita akan memberikan racun hama apabila padi terserang hama," ujar Alex.

Alex juga menyarankan kepada para petani yang telah menerapkan sistem tanam ini, agar terus melanjutkannya secara berkesinambungan setiap musim tanam tiba,

"Sehingga hasil panen pun memuaskan." Tandasnya.

(Christian)